Selasa, 06 April 2010

Pasar Kliwon Kudus Grosir Terbesar di Pulau Jawa Bagian Timur

Suasana Pasar Kliwon Setiap hari ramai dengan pembeli

Pasar Kliwon Kudus saat ini menjadi pusat perdagangan grosir di pulau Jawa bagian Timur , hal ini bisa dilihat para pembeli yang datang tidak hanya dari Daerah Jawa Tengah sendiri ,namun pedagang dari daerah Jawa Timur seperti Tuban, Gresik, Bojonegoro , sampai dengan Malang banyak yang berbelanja di Pasar ini. Hal ini tidak mengherankan karena sejak dahulu kota Kudus dikenal dengan para pedagangnya yang gigih dan ulet dalam memasarkan barang-barang sampai kemana-mana. Selain itu Sunan Kudus dalam sejarah penyebaran Islam di pulau Jawa dikenal juga sebagai ulama yang pandai berdagang , dan hal inilah menjadikan warga Kudus saat lalu dan sekarang terkenal sebagai pedagang –pedagang besar dengan menjual berbagai Jenis barang .

Karena kelengkapan barang dan juga harga yang bersaing itulah saat ini Pasar Kliwon menjadi tempat kulakan berbagai jenis kebutuhan dari tekstil, pakaian jadi, sepatu, berbagai jenis aksesori sampai dengan kebutuhan pokok semua ada di sana. Jika dibandingkan dengan Semarang barang-barang di pasar Kliwon ini jauh lebih beragam , sehingga pedagang dari Jawa Timur banyak yang datang setiap harinya untuk berbelanja di pasar Kliwon ini. Jika dihitung pedagang yang berjualan di pasar ini ada seribu lebih dari yang menempati los-los kecil sampai dengan kios-kios yang cukup besar dengan mempekerjakan pegawai mencapai puluhan orang. Keunikan dari Pasar dua lantai ini adalah penempatan pedagang yang merata , dalam setiap blok sehingga para pembeli yang mencari barang tidak akan kesulitan. Selain itu tempat parkirnyapun cukup luas sehingga para penjual seperti sales yang menawarkan barang atau pembeli yang mau belanja barang tidak kesulitan menempatkan kendaraan sebagai pengangkut barang. Untuk harganyapun menurut beberapa pembeli di Pasar Kliwon ini cukup murah jika dibandingkan di pasar-pasar lain , sehingga barang dari Pasar Kliwon ini jika dijual kembali didaerah lain masih mendapatkan keuntungan yang lumayan. Oleh karena itulah dari waktu ke waktu pasar ini tidak sepi dari pembeli yang datang dari berbagai penjuru kota Kudus seperti Jepara, Demak, Pati dan juga kota-kota di Jawa Timur hal ini bisa dilihat dari kendaraan yang diparkir mencapai ratusan mobil

“ Kalau saya saya ke sini dipastikan setengah sampai satu bulan sekali, kalau belanja ya sampai mobil ini penuh dan barngnyapun beragam dari pakaian, alat rumah tangga, sepatu dan juga mainan anak-anak. Apa saja yang ditempat saya laku ya saya beli. Harga di pasar Kliwon ini cukup bersaing hal ini disebabkan sebelum masuk di pasar Klewer Solo barang dagangan sudah masuk pasar Kliwon duluan jadinya ya lebih murah. Saya senang belanja di Pasar Kliwon ini barangnya komplit apa saja ada sekali datang semua sudah bisa terpenuhi “, ujar seorang pembeli yang mengaku berasal dari Bojonegoro Jawa Timur dan berbelanja menggunakan satu kendaraan minibus yang penuh dengan dagangan berbagai kebutuhan.
Salah satu toko di Pasar Kliwon siap menanti pembeli

Salah satu toko di Pasar Kliwon siap menanti pembeli

Antar Pulau luar Jawa

Sementara itu pemilik Toko mainan “ Kurnia” yang menempati kios di bagian Timur Pasar Kliwon mengatakan , pedagang yang membeli dagangannya selain dari pulau Jawa banyak juga pembeli yang menjual dagangannya di luar pulau Jawa . Seperti pedagang asli Jawa banyak yang membuka toko di luar pulau dan mengambil dagangan mainan dari Pasar Kliwon, setiap satu bulan sekali mereka berbelanja mainan di tokonya . Sekali belanja nilai belanjanya mencapai puluhan juta rupiah , dan barang mainan dimasukkan ke dalam kardus-kardus besar yang mencapai puluhan dan selanjutnya dibawa ke pelabuhan Semarang dan dikirimkan ke luar pulau Jawa seperti Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Irian jaya. Pedagang antar pulau ini kadang-kadang juga pesan barang lewat telepon , setelah uang di transfer barang kemudian dikirimkan dengan menggunakan jasa titipan barang.

“ Seperti kardus-kardus besar di depan itu semua pesanan dari luar pulau Jawa , nanti sore kami kirim ke pelabuhan Semarang atau Surabaya , selanjutnya baru dikirimkan ke tempat pemesan kami mempunyai pelanggan tetap di kota Merauke dan Jayapura. Sebulan sekali kami kirimkan barang pesanan mereka, dan pembayarannyapun lancar-lancar saja “, ujar pemilik Toko Mainan Kurnia yang menjual beraneka ragam mainan anak-anak produk local dan impor.

Pasar Kliwon bagi pemerintah Kudus saat ini merupakan asset yang perlu dikembangkan terus , karena selain membuka lapangan pekerjaan bagi warganya juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah lewat berbagai macam retribusi . Selain itu pula Pasar ini juga bisa dijadikan Mascot dalam rangka menarik para investor dari luar yang ingin mengembangkan usahanya di kota Kudus utamanya sector keuangan. Selain Bank pemerintah dan swasta , saat ini banyak koperasi dan usaha finance yang membuka usahanya di kota Kudus dalam rangka penyediaan modal pada pedagang kecil dan menengah yang mencapai hampir seribuan.

Bagi pembaca yang kebetulan lewat di Kota Kudus , bisa mampir di Pasar ini selain barangnya cukup beragam juga harganya ditanggung lebih murah. Dan yang mempunyai hobi kuliner di pasar Kliwon Kudus lantai dua juga disediakan berbagai menu yang bisa menggoyangkan lidah anda , seperti Soto Kudus, Sate Kerbau khas Kudus, Lentog Tanjung Kudus, Es dawet Khas Pasar kliwon dan banyak yang lainnya di tanggung puas dan mak nyus rasanya. ( FM)

1 komentar: